Layanan Baru Hand Clinic Saatnya Tangan Harus Ditangani

PERNAHKAH anda merasakan tangan anda nyeri, pegal bahkan kaku setelah asik menggunakan ponsel atau gadget kesayangan? Atau merasakan ketidaknyamanan saat seharian memakai komputer di kantor? Jika pernah, maka anda membutuhkan info ini.

Tangan merupakan salah satu organ tubuh berpasangan sekaligus alat untuk menjangkau serta berinteraksi dengan dunia. Dengan keunikannya, tangan membuat seseorang dapat memanipulasi benda-benda, berkreasi dan melakukan gerakan-gerakan unik yang tidak dimiliki primata lain, seperti kera. Tangan mampu berfungsi secara maksimal jika sinergi antara saraf, pembuluh darah, otot, tulang, urat dan kulit bekerja dengan baik.

Di dalamnya, struktur tangan berukuran kecil dan bersifat halus. Cedera yang tidak menimbulkan luka pada organ tubuh lain, ternyata bisa menyebabkan masalah bagi tangan. Oleh karena itu cedera pada tangan membutuhkan perhatian dan penanganan khusus. Menurut dr Margareta Arianni, SpOT(K), dokter spesialis ortopedi yang khusus menangani bedah tangan Rumah Sakit Premier Bintaro (RSPB), cedera tangan itu banyak sekali jenisnya. Mulai dari kecelakaan, gerakan berulang dan repetitive (overuse), cedera olah raga, kelainan kongenital, tumor, infeksi, penyakit metabolik, autoimmune dan masih banyak lagi. Namun yang paling sering terjadi di Indonesia disebabkan karena kecelakaan lalu lintas dan kerja. Untuk itulah pentingnya penanganan yang tepat agar pasien dapat segera tertolong dan bisa kembali beraktivitas.

Salah satu masalah pada tangan yang belakangan ini sering terjadi adalah Sindroma Lorong Karpal, yaitu terjepitnya saraf medianus di lorong karpal yang terletak di sekitar pergelangan tangan. Akibatnya tangan akan terasa nyeri , tidak nyaman dan terjadi kesemutan di tiga jari : jempol, telunjuk dan jari tengah. Jika kondisinya sudah parah, penderita akan kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari. Seperti mengancingi baju, memegang sendok, menghitung uang dan masih banyak lagi kegiatan simpel yang semestinya dapat dengan mudah dilakukan. Penyebab Sindrom Lorong Karpal seringkali hal-hal simpel, seperti terlalu lama menggunakan komputer (keyboard dan mouse) dengan posisi yang tidak ergonomis.

Penting untuk diketahui, hampir semua jenis pekerjaan manual memiliki resiko cedera atau masalah pada tangan. Penggemar olahraga ekstrem, bela diri, karyawan pabrik dan pekerja yang kerap terlibat dengan perangkat keras, sebaiknya melindungi tangan semaksimal mungkin dengan alat pelindung yang memadai.

Klinik Khusus Tangan

Menyadari pentingnya menjaga, merawat dan melakukan penanganan seefisien dan seefektif mungkin terhadap segala cedera yang terjadi pada tangan, RSPB membuka klinik khusus bernama Hand Clinic. Klinik ini diperkuat oleh tim dokter ahli bedah tangan yang bersertifikasi dan berpengalaman. Disamping dilengkapi dengan fasilitas unggul yang menunjang para ahli juga menjalin kerjasama dengan disiplin ilmu lain yang terkait, sehingga pasien dapat ditangani secara komprehensif.

Margareta menjelaskan kalau penanganan cedera tangan tidak melulu harus dilakukan pembedahan. Berbagai terapi mulai dari terapi konservatif seperti fisioterapi, obat-obatan, suntikan dan pemasangan bidal atau gips juga dilakukan di klinik ini. Bedah tangan dan mikro (hand and micro surgery) sendiri adalah cabang ilmu bedah tulang (orthopedic) yang secara khusus menangani masalah pada tangan dan anggota gerak atas pada umumnya, baik yang berkaitan dengan tulang maupun jaringan lunak lainnya (saraf, pembuluh darah, otot, urat dan kulit)

Seringkali masalah tangan harus ditangani secara multidisipliner demi mendapatkan hasil yang baik. Untuk itu kami bekerjasama dengan tim rehabilitasi medik, radiologi dan ahli penyakit dalam lainnya yang sudah siap di Rumah Sakit ini. Faktor yang tak kalah penting adalah kerjasama dan kepatuhan pasien yang mampu mengoptimalkan hasil terapi ini.

Bagi anda yang membutuhkan informasi seputar tangan atau konsultasi masalah yang kerap mendera tangan anda, jangan ragu-ragu untuk segera mengunjungi Hand Clinic Rumah Sakit Premier Bintaro. Kami buka mulai hari Senin sampai Jumat dari pukul 16.00 hingga 18.00 WIB.