Sleep Clinic

Sleep Clinic RS Premier Bintaro merupakan fasilitas yang dirancang khusus untuk mempelajari gangguan yang terjadi saat tidur. Pemeriksaan di Sleep Clinic diawali dengan konsultasi dan pemeriksaan umum. Termasuk juga beberapa pemeriksaan fisik seperti bentuk rahang, kondisi dalam mulut termasuk lidah, langit-langit dan amandel. Karena, ada jenis gangguan tidur yang disebabkan kelainan fisik.

Sleep Study

Setelah melakukan konsultasi, selanjutnya dilakukan pemantauan tidur di malam hari. Untuk itu, pasien harus menginap semalam di Sleep Clinic. Sebelumnya, alat-alat pemantau dipasang. Antara lain meliputi detector untuk merekam aktivitas listrik otak, mata, otot dagu, jantung, pengukur saturasi oksigen, aliran udara, perekam dengkuran, dan usaha bernapas dari otot dada serta perut.

Dengan alat-alat itulah berbagai gangguan tidur bisa dideteksi. Misalnya, apakah pasien mengalami periode henti napas saat tidur, berapa kali periode itu terjadi, pada kondisi telentang atau miring. Untuk memperoleh data rekaman yang lengkap, pasien tidur dengan dipasang alat-alat itu minimal selama 6 jam. Selanjutnya, dokter akan menganalisa seluruh hasil pemeriksaan untuk menetukan kualitas tidur pasien maupun jenis-jenis gangguan tidur yang dialaminya. Hal itu menjadi dasar penentuan terapi lebih lanjut, seperti operasi bedah mulut, pemakaian alat tertentu atau sekadar modifikasi gaya hidup.

Penanganan Gangguan Tidur

Setelah dilakukan Sleep Study, dokter akan menganalisis seluruh hasil pemeriksaan untuk menentukan kualitas tidur pasien maupun jenis-jenis gangguan tidur yang dialaminya. Hal itu menjadi dasar penentuan terapi lebih lanjut apakah harus dilakukan operasi bedah mulut, pemakaian alat tertentu atau sekedar modifikasi gaya hidup.

Kebanyakan gangguan tidur dapat diperbaiki dengan menerapkan cara tidur yang baik, obat-obatan dan modifikasi perilaku.

Pada keadaan tertentu seperti OSA, perlu dilakukan terapi spesifik berupa Continuous Positive Airway Pressure / CPAP Therapy (diberikan udara dengan tekanan tertentu melalui masker) atau operasi saluran nafas bagian atas bila pengobatan medis tidak berhasil.

Karena gangguan tidur melibatkan banyak faktor, penanganan di Sleep Clinic juga melibatkan ahli-ahli dari beberapa disiplin ilmu kedokteran termasuk spesialis telinga, hidung, dan tenggorok serta spesialis paru.

Pemeriksaan kualitas tidur sangat dianjurkan bagi orang-orang yang dicurigai mengalami gangguan tidur. Anatar lain, orang yang punya kebiasaan mendengkur, juga orang-orang yang ketika bangun tidur tidak merasa segar serta sering mengantuk di siang hari.

konsultasi
Monitoring
snore