Aneurisma Aorta Abdominal

Pembuluh arteri anda mengantarkan darah yang kaya akan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh aorta, pembuluh arteri yang terbesar di tubuh anda, bermula dari jantung, kemudian masuk ke rongga dada, dan kemudian masukke rongga perut ( disebut sebagai daerah abdominal ). Pembuluh darah aorta di daerah abdominal bertanggung jawab untuk mensuplai darah ke kedua tungkai, saluran pencernaan, dan juga kedua ginjal. Aneurisma Aorta Abdominal ( AAA ) timbul saat dinding aorta melemah secara progresif dan menyebabkan bentuk sebagian pembuluh aorta yang terkena menjadi menggembung ( bludge ). AAA dapat semakin membesar secara kontinu dan akhirnya dapat terjadi ruptur atau pecah bila dibiarkan tanpa tertangani, menyebabkan pendarahan internal yang sangat hebat dan kematian. Selain adanya resiko ruptur, adanya bekuan dari debri dapat terbentuk di dalam kantong aneurisma.

Substansi ini dapat dibawa sesuai aliran darah anda menuju bagian lain di tubuh dan menyumbat pada peredaran darah, menyebabkan nyeri yang hebat bahkan sampai pada resiko amputasi bila aliran darah tersumbat total untuk waktu yang cukup lama. AAA dapat ditangani dengan baik dengan diagnosis yang dini. Hampir 200.000 orang di Amerika Serikat di diagnosa AAA per tahun, sekitar 15.000 orang meninggal setiap tahunnya akibat AAA yang ruptur.

Gejala

Sebagian besar tanpa adanya gejala, biasanya AAA terdeteksi saat melakukan pemeriksaan Secara tidak sengaja, untuk alasan pemeriksaan kesehatan yang lain. Adapun gejala yang dapat dirasakan :

  • Adanya rasa denyutan di dalam perut
  • Nyeri yang hebat dan tidak dapat dijelaskan pada perut atau daerah punggung bagian bawah.
  • Nyeri, perubahan warna, atau luka pada kaki ( gejala yang jarang ditemukan)

Diagnosis

Jika anda mengalami gejala-gejala AAA, ataupun ditemukan adanya AAA dari pemeriksaan kesehatan anda, segera konsultasi dengan dokter Bedah Vaskular anda. Mereka adalah dokter yang dapat menangani penyakit pembuluh darah dan dapat melakukan seluruh pilihan terapi yang ada mulai dari terapi medika mentosa atau obat-obatan, prosedur minimally invasive endovascular stent, ataupun sampai pembedahan secara open repair. Hanya dari dokter Bedah Vaskular anda dapat yakin mendapatkan penanganan yang paling tepat untuk kondisi anda.

Terapi

Faktor yang paling berperan dalam pilihan penanganan AAA adalah ukuran aneurisma. Termasuk di dalam penanganan adalah gaya hidup, seperti berhenti merokok, menurunkan tekanan darah, dan mengkonsumsi obat-obatan. Untuk AAA dengan ukuran yang besar, dan pada AAA yang semakin membesar seiring dengan berjalannya waktu, terapi yang dipilih adalah dengan menempatkan graft atau stent secara endovaskular, ataupun dengan pembedahan secara terbuka yaitu denga open bypass grafting. Dokter Bedah Vaskular anda akan mendiagnosa dan memilih penanganan yang terbaik sesuai kondisi anda.

aorta