Sayangi Punggung Anda

Sayangi-Punggung-Anda

Pernah mendengar atau mengalami langsung nyeri pada pinggang secara tiba-tiba ketika berusaha mengangkat beban berat? Atau mungkin nyeri pinggang yang tidak diketahui dengan jelas penyebabnya? Di kalangan medis, secara umum keluhan ini disebut LBP (Low Back Pain). Boleh jadi, punggung Anda bermasalah yang mengakibatkan nyeri pada pinggang.

Sakit pinggang merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum. Meski begitu, jangan pernah meremehkan rasa sakit tersebut. Sakit pinggang bukanlah sekadar masalah otot dan saraf. Bila tidak terdiagnosis, penyakit ini bisa memberikan indikasi masalah kesehatan yang lebih serius.

Nyeri pinggang merupakan suatu keluhan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari bagi si penderita. Penyebabnya bermacam-macam, yang sebagian besar kasus terjadi pada segmen tulang pinggang. Nyeri pinggang bawah merupakan salah satu penyakit yang sering dijumpai dalam masyarakat. Nyeri pinggang bawah dapat mengenai siapa saja, tanpa mengenal umur dan jenis kelamin. Sekitar 60-80% dari seluruh penduduk dunia pernah mengalami paling tidak satu episode nyeri pinggang bawah selama hidup. Probabilitas tertinggi terjadi pada umur 40-50 tahun. Akan tetapi, bisa juga dijumpai pada remaja atau dewasa muda, berkaitan dengan cedera atau karena salah menggerakkan pinggang.

Tanda bahaya untuk gangguan ini, misalnya ada gangguan buang air besar, buang air kecil, seksual, selangkangan terasa baal, atau nyeri menjalar ke bokong. Tanda bahaya lain, bila ada tanda-tanda keganasan, timbul nyeri sampai terkejut bangun pada malam hari, atau berat badan turun yang penyebabnya tidak diketahui. Rasa sakit tersebut terjadi karena otot di bagian pinggang melakukan pekerjaan lebih banyak untuk menggerakkan kaki ke depan, karena kondisi kaki melemah.

Biasanya, kondisi tersebut terjadi pada orang-orang usia produktif, antara 29 -49 tahun. Ketika orang dalam posisi duduk atau mengangkat barang, pinggang merupakan bagian tubuh yang paling tertekan, sehingga mudah terganggu. Pinggang menahan berat sebagian besar tubuh sehingga sangat rentan terhadap cedera.

Penyebab sakit pinggang sangat beragam, antara lain penggunaan otot pinggang berlebihan, pekerjaan yang menuntut fisik membungkuk, mengangkat beban berulang atau posisi duduk dan berdiri yang lama. Penyebab lain, faktor kegemukan, postur yang kurang baik, dan tidur di kasur lembek.

Hernia Nucleus Pulposus

Banyak sekali penyebab nyeri pinggang pada manusia. Bisa karena infeksi pada otot atau tulang belakang, trauma atau benturan yang hebat pada pinggang, kelainan tulang belakang, dan lain-lain. Salah satu yang cukup sering adalah yang dinamakan Hernia Nucleus Pulposus (HNP).

HNP

HNP atau biasa dikenal masyarakat sebagai ”syaraf terjepit”, terjadi karena terlalu seringnya bekerja keras, cairan pada bantalan yang berada di antara tulang menjadi keras. Seharusnya, cairan tersebut bersifat kenyal, sehingga pergerakan tulang menjadi lentur. Artinya, aktivitas bergerak dapat dilakukan dengan leluasa.

Ketika cairan pada bantalan antara tulang mongering, menyebabkan bantalan menjadi pipih dan pendek. Jika didiamkan, serabut yang melindungi bantalan bisa sobek. Alhasil, menyebabkan cairan keluar dari tempatnya dan kemudian menekan saraf yang ada di sekitarnya.

Akibatnya, timbullah rasa nyeri yang sangat luar biasa, panas, ngilu, kesemutan, sampai terasa sepert kesetrum. Rasa sakitnya menjalar hingga ke bawah hingga betis. Terutama sangat terasa ketika buang air besar, batuk, atau bermacam-macam aktivitas yang menyebabkan tekanan pada perut.

Nyeri karena peradangan organ bagian dalam, akan tersebar ke bagian perut bawah dan bertambah sakit jika disentuh atau ditekan. Waktu munculnya nyeri relatif lebih konstan. Pada tahap yang lebih ringan, bisa juga dibedakan dengan nyeri akibat kekakuan atau hanya pegalpegal pada otot pinggang.

Penyebab HNP ini berbagai macam. Faktor resiko, antara lain merokok, batuk yang terlalu lama, cara duduk yang salah, menyetir terlalu sering, cara mengangkat barang yang salah, dan lain-lain. Sebenarnya secara alamiah, proses pengerasan cairan pada bantalan antara tulang merupakan proses degeneratif. Seiring dengan bertambahnya usia, bila tulang dipaksa terus-menerus bekerja keras, pengerasan tersebut bisa terjadi lebih cepat. Pergerakan yang tiba-tiba atau gerakan yang menyebabkan tulang punggung bekerja lebih keras, dapat pula menyebabkan HNP.

Penebalan pada pengikat tulang juga bisa menyebabkan nyeri pada pinggang. Umumnya, disebut pengapuran. Penebalan ini merupakan proses alami. Tubuh menyesuaikan diri bila terjadi perubahan bentuk pada tulang. Tujuannya, agar tubuh tetap mampu berdiri tegak, dan tidak mudah goyah. Namun, penebalan ini membuat rongga menjadi sempit, yang pada akhirnya mengganggu saraf.

Penanganan Nyeri Pinggang

Penyakit apapun bila tidak ditangani dengan tepat dan benar, tentu akan berakibat fatal. Begitu pula dengan nyeri pada pinggang. Boleh jadi, banyak orang yang meremehkan rasa nyeri di bagian pinggang dan berharap akan hilang dengan sendirinya. Padahal, bila tidak tertangani dengan tepat, nyeri pinggang yang semakin berat dapat menyebabkan pembengkokan tulang belakang.

Bila masih ringan, nyeri pinggang bisa diatasi cukup dengan berolah raga. Misalnya, berenang, pilates, dan yoga dengan konsentrasi di area tulang belakang. Cara lain, dengan menjalani fisioterapi. Sebenarnya, memperbaiki posisi duduk dan tidur pun bisa mengatasi nyeri pada pinggang. Jika cara-cara tersebut tidak mampu mengatasi rasa nyeri, bisa dengan suntikan. Jalan terakhir, barulah melakukan operasi.

Tentu saja, alangkah lebih baik jika bisa mencegah terjadinya nyeri pinggang dibanding harus mengobati. Salah satu cara, tidak menambah beban berlebihan pada tulang belakang. Paling penting, olah raga. Berenang merupakan latihan yang paling baik untuk mengatasi kelainan tulang belakang. Selain berenang, dianjurkan untuk sering melakukan peregangan atau stretching, yaitu berdiri lalu melengkungkan punggung ke belakang.

Kalau punggung Anda sehat, segala aktivitas akan berjalan lancar. Tak akan ada gangguan yang mengganggu kegiatan sehari-hari. Jadi, sayangilah punggung Anda.

lobby