AKREDITASI JCI (Joint Commission International)

Kualitas rumah sakit tak hanya terlihat dari bangunan megah, dokter-dokter berpengalaman, obat-obatan yang lengkap, dan peralatan medis yang serba canggih. Rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik dan lebih terbuka pada masyarakat.

Namun, pertanyaannya, tolok ukur apa yang bisa dijadikan pegangan untuk menentukan bahwa sebuah rumah sakit memiliki pelayanan terbaik? Mengingat hingga kini sebagian masyarakat Indonesia lebih melirik rumah sakit di negara tetangga daripada rumah sakit di negeri sendiri.

Sebenarnya pemerintah telah menerapkan standar kualitas pelayanan rumah sakit dan membaginya menjadi sejumlah golongan. Ada pula penghargaan semacam ISO untuk rumah sakit. Namun, alangkah lebih baik jika kita mengikuti standar lain seperti JCI untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Joint Commission International (JCI) adalah divisi dari Joint Commission International, di bawah The Joint Commission. Selama lebih dari 50 tahun, The Joint Commission dan organisasinya telah mendedikasikan diri dalam peningkatan kualitas dan keselamatan kesehatan. Misi JCI sendiri adalah meningkatkan kualitas kesehatan secara terus-menerus kepada masyarakat, dengan bekerja sama dengan para stakeholder, mengevaluasi organisasi pelayanan kesehatan, serta memberikan inspirasi dalam peningkatan penyediaan pelayanan yang aman, efektif yang paling tinggi, dan bernilai mutunya.

Dari ribuan rumah sakit di Indonesia, baru beberapa rumah sakit yang berhasil mendapatkan akreditasi dari JCI. Rumah sakit Premier Bintaro mendapatkan akreditasi JCI pada 15 Januari 2011 lalu dan merupakan rumah sakit pertama di Indonesia yang menggunakan standard terbaru edisi 4 di tahun 2011 .RS Premier Bintaro berhasil kembali meraih Triennial atau Reakreditasi di awal tahun 2014. Keberhasilan meraih penghargaan ini semakin menunjukkan kredibilitas RSPB yang dikenal sebagai rumah sakit yang berorientasi pada kualitas dan keselamatan pasien yang merupakan jiwa dari akreditasi tsb.

Dengan memenuhi syarat-syarat JCI ini, banyak manfaat yang didapatkan. Dokter menjadi lebih komunikatif, dokumentasi dan ketepatan pasien sejak masuk dan berobat hingga keluar terdata, pelayanan dan sarana-prasarana rumah sakit semakin baik dan terawat dan sebagainya.

Keberhasilan RS Premier Bintaro dalam meraih Akreditasi Internasional dari JCI ini merupakan hasil kerja keras dari personil rumah sakit mulai dari Dokter, perawat dan staf non medis yang memiliki loyalitas dan dedikasi yang tinggi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan yang bertaraf internasional. Pencapaian yang merupakan lompatan signifikan bagi RSPB ini tentunya bukan akhir dari perjalanan menuju pelayanan berkualitas bertaraf Internasional tetapi sebagai langkah awal dari upaya peningkatan kualitas pelayanan yang berkesinambungan.

jcimini